Beranda Inpirasi & Kisah Merawat Kualitas Udara di Kota Bekasi

Merawat Kualitas Udara di Kota Bekasi

424

Buruknya kualitas udara beberapa daerah di Indonesia seperti Jakarta dan Bekasi memberi dampak buruk bagi kesehatan. Penghijauan adalah solusi, baik disekitar rumah atau lingkungan kita.

Arti dari penghijauan itu sendiri adalah proses mengubah lingkungan hidup dan jg artefak seperti ruang, gaya hidup menjadi versi yang ramah lingkungan. Penghijauan tidak akan mungkin kita lakukan jika tidak timbul kesadaran dari masing-masing individu untuk mau menjaga kelestarian lingkungan.

Manfaat dari penghijauan itu sendiri diantaranya :

1. Estetik : akan mempercantik suatu kawasan / tempat.

2. Protektif : dpt memberikan perlindungan secara langsung maupun tdk kepada manusia seperti dari terik matahari atau penahan debu.

3. Higienis : Penyaring udara krn dpt menyerap karbondioksida serta mengeluarkan oksigen.

4. Edukatif : Media belajar dan penelitian.

5. Rekreatif : Dapat menjadi tempat rekreasi dan jg hiburan.

Kota Bekasi kota penyanggah Ibu Kota, sehingga pembangunan infrastuktur adalah hal mutlak yang harus dipenuhi. Dampaknya, semakin sempitnya ruang yang tersisa untuk penghijauan.

Pada akhirnya pemerintah Kota Bekasi berupaya mencari alternatif, mengoptimalisasi keberadaan lahan-lahan yg ada utk melakukan penghijauan seperti dibantaran kali, pohon-pohon yg produktif spt pohon sukun mulai ditanam secara masal. Pohon sukun disamping untuk penghijauan juga untuk ketahanan pangan. Sementara dilahan-lahan yang sempit atau perumahan padat penduduk digalakkan kampung hidroponik, budidaya menanam tanpa menggunakan tanah.

Peresmian kampung hidroponik dikelurahan Jaka Mulya menjadi salah satu agendaku diminggu lalu mendampingi mas Tri serta peresmian sebuah taman di lingkungan kompleks kemang pratama yg mereka beri nama ” Taman Erte ” dimana kepedulian mereka pada lingkungan sekitar maupun sekolah yg ada disekitar lingkungan, sehingga simbiosis mutualisme dapat terjadi dan berjalan dgn baik.

Setelah itu, saya juga menghadiri milad ke 3 komunitas BIMC, dimulai dari hoby yg sama mereka berkumpul saling bertukar ilmu yg mereka miliki dan akhirnya mereka siap berbagi ilmu dgn wanita – wanita lain yg ingin terus belajar dan menggali potensi yg mereka miliki.

Sbg wakil TP. PKK saya mendampingin ketua bersama rombongan melakukan penilaian sekaligus pembinaan 10 program pokok PKK dan 5 lomba di tingkat Kota Bekasi.

Saya mendapat tugas membina istri – istri lurah dikecamatan yang kami datangi. Materi apa yg saya sampaikan pada wanita – wanita hebat tsb tunggu ya dipostingan saya selanjutnya😍😉

Sebagai bentuk rasa syukur atas karunia alam dari Sang Pencipta yaitu menjaga kelestariannya. Jadikan diri dan motivasi banyak orang utk menjadi agen – agen perubahan menuju perbaikan lingkungan. Lakukan dgn iklash, niatkan sebagai bentuk ibadah dan jangan lupa bahagia😘😍

Selain mendapat rahmat Tuhan, generasi berikutnya akan merasakan manfaat yg kita tanam hari ini utk masa dpn mereka….

“Sayang jgn lupa utk sll bawa tumbler utk minum ya agar sampah plastik yg sulit terurai mulai berkurang.” … bisikan sayang mas Tri tiap pagi sebelum memulai aktifitasnya….

ah mas Tri tdk hanya thumbler yg akan saya bawa segudang cinta akan selalu saya bawa untuk banyak hal diKota Bekasi tercinta.

The power of love😍😘😊😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here