Beranda Coretan Wiwiek Hargono Pesan Untuk Para Pemuda

Pesan Untuk Para Pemuda

206

28 Oktober, siapa yang tidak kenal dengan tanggal paling sakral ini, buat kalian para muda-mudi seluruh Indonesia? Ada yang gak kenal ? Tandanya kalian tak tau sejarah bangsa karena jarang membaca😂.

Tanggal 28 Oktober, diperingati sebagai hari paling bersejarah dimana pada tanggal ini para pemuda bersatu berikrar untuk berjuang meraih Indonesia menuju kemerdekaan. Betapa bangganya para pemuda pada waktu itu hingga saat ini. Saya masih ikut golongan muda bukan? Hehehe.. 🤣

Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun ini mengambil tema tentang Bersatu Kita Maju. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun pemuda, yang diikrarkan tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Walaupun saya terlambat memposting tulisan ini, tapi saya yakin suasana Sumpah Pemuda tidak akan pernah hilang sampai kapanpun dihati para pemuda dan semoga ada pesan dan kesan yang dapat ditarik dalam tulisan saya ini.

Sumpah Pemuda sendiri adalah sebuah tonggak sejarah yang merupakan tekad yang dibangun bersama oleh pemuda dan pemudi Indonesia pada tanggal 28 oktober 1928 atas kesadaran bersama sebagai sebuah bangsa, yang dilandasi oleh rasa persatuan dan kesatuan yang kokoh. Sehingga pada hakekatnya peristiwa 28 Oktober 1928 yang kita kenal dengan Sumpah Pemuda dapat kita maknai sebagai cikal bakal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai.

Momentum sumpah pemuda di tanggal 28 oktober dapat dijadikan sebagai momen khususnya bagi generasi milenial untuk melakukan banyak kegiatan yang bertujuan untuk melihat kembali nilai-nilai perjuangan nasionalisme di masa lalu dan masa sekarang.Semangat sumpah pemuda harus senantiasa ada dalam setiap sanubari Pemuda Indonesia.

Dahulu sumpah pemuda menjadi suatu bentuk penyatuan agar tidak terjadinya perpecahan antar organisasi kepemudaan. Sekarang di era milenial ini banyak anak muda menghabiskan waktu dengan banyaknya bermain di bandingkan berdiskusi atau melakukan kegiatan yang positif. Mereka berpikir bahwa perjuangan telah usai dan persatuan sudah dengan sendirinya mudah didapatkan.

Kalau pemuda masa lalu dapat keluar dari sikap suku, agama dan ras menuju persatuan dan kesatuan bangsa sementara tantangan kaum muda di era millenial ini bagaimana melawan serangan-serangan hoax di media sosial yang semakin hari semakin menyeret kaum muda dan tua kearah perpecahan karena sulitnya membedakan mana kebenaran dan mana kebohongan yang tanpa sadar dilegalkan bersama.

Kemajuan tidak akan tercapai dalam arti sesungguhnya jika masa depan sebagai proses lanjut dari masa kini tidak berjalan sesuai harapan karena itu dituntut bagaimana generasi muda merespon dengan baik, menghargai perjuangan generasi sebelumnya, tanpa terjebak pada keadaan dan kenyataan masa kini sehingga terlena dan tak sanggup menatap masa depan.

Pesan saya “Lanjutkan perjuangan dan cita cita dari semangat awal para pemuda berikrar untuk tetap bersatu dan menjaga kesatuan bangsa.

Jadilah pelopor di masa mudamu hingga nafas tak dapat kau rasakan dan masa tuamu datang. ”

Marilah membangun karya yang dapat menjadi prestasi bagi diri sendiri, jika tidak bisa mengubah bangsa ini dengan kedudukan, maka ubahlah dengan semangatmu.

Jadilah pemuda yang memiliki karakter tangguh yaitu karakter yang bermoral dan berkinerja. Belajar untuk memiliki kemampuan kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan dibidang yang kalian minati dan tekuni.

Dan kaum muda masa kini harus menjadi pelopor kedamaian dan persatuan di negara ini sebagai upaya menjaga semangat sumpah pemuda.

MERDEKA💪😍🤗

#TulisanWiwiekHargono #CoretanWiwiekHargono #SumpahPemuda #PeloporKedamaian #SemangatMudaItuKeren #BekasiKeren #AnakMudanyaKeren

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here