Beranda Keluarga Membangun Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

Membangun Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

431

Setiap pernikahan selalu bercita-cita menjadi sebuah pernikahan yang bisa mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah.

Sakinah berarti membina atau membangun sebuah rumah tangga yg penuh dengan kedamaian, ketentraman, ketenangan dan selalu berbahagia. 

Mawaddah berarti Selalu mencintai baik dikala senang maupun sedih. 

Wa-Rahmah Ini adalah hasil akhir dari sakinah dan mawaddah yaitu kasih sayang.

Rumah tangga adalah surga dunia dimana kita sendiri yang mampu menciptakannya. Namun, kebahagiaan yang hakiki ialah dimana kita mampu membawa tujuan berumah tangga lebih dekat dengan-Nya. Tak ada kebahagiaan yang sempurna selain kehadiran keluarga di sisi kita.

Suami, istri, dan anak adalah anggota inti keluarga. Kehidupan berumah tangga tidak selamanya mulus dan tanpa masalah. Tak jarang jika manusia dihadapkan pada sebuah masalah, emosi yang lebih dahulu tampil kemuka. Begitu pun dengan kehidupan rumah tangga yang seringkali datang ujian dan cobaan namun seberapa mampu pasangan suami istri tersebut mengatasinya.

Tak jarang ketika sudah bertahun-tahun hidup berumah tangga timbul kebosanan dan tampil keluar berjuta-juta kelemahan pasangan. Banyak yang bilang rasanya rumput tetangga terasa lebih indah. Karena banyak yang lupa tak ada manusia yang sempurna. Pencarian akan sia-sia jika kita paksakan utk melakukannya. Karena kesempurnaan bukan sifat manusia melainkan sifat Yang Maha Kuasa.

Biarkanlah kekurangan menjadi bahan instrospeksi diri agar mau sama-sama belajar lebih giat lagi untuk meraih surga Nya sementara kelebihan, biarkan itu sebagai tolak ukur yang positif untuk menilai diri kita bahwa masih ada lagi yang lebih baik dari kita.

Sekarang tinggal bertanya pada hati kecil mau cari yang sempurna atau yang saling menyempurnakan ?

Berikut initips bahagia sebuah keluarga versi saya dan mas Tri :

1. Jika ada perselisihan maka hadapi dengan kepala dingin,jika yang satu marah maka yang lain berusahalah diam.

2. Lupakanlah kesalahan masa lalu pasanganmu.

3. Semaksimal mungkin berusaha memberikan perhatian pada pasangan.

4. Seringlah memberikan pujian kepada pasanganmu.

5. Jika merasa bersalah jangan pernah merasa sungkan untuk mengakui dan meminta maaf.

6. Berkomunikasi yg baik dan sering melakukan kegiatan bersama.

7. Cintai sepenuh hati pasangan kita

8. Saling mengingatkan dlm beribadah

9. Berdoalah agar Allah jaga rumah tangga kita serta jgn lupa iklash menjalaninya dan penuh rasa bahagia.

Ketika dalam sebuah keluarga pasutri saling mencintai dan menyayangi satu sama lain ketenteraman akan mereka dapatkan. Cinta bisa memberikan apa yang paling berharga dari masing-masing untuk diberikan kepada seseorang yang paling disayangi. Mari bersama-sama kita ciptakan surga dunia kita dalam sebuah keluarga semoga surga akheratpun kelak kita akan dikumpulkan kembali bersama2 org yg kita cintai sepenuh hati.

YA ALLAH…

Anugerahkanlah kepada kami suami/isteri dan keturunan kami sebagai penyenang hati dan jadikanlah kami Imam/Makmum yang baik.

Aamiin ya Rabbal’alamiin

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here