Beranda Inpirasi & Kisah Kreasi Pojok Bacaan Literasi

Kreasi Pojok Bacaan Literasi

509

Banyak upaya yang dilakukan pemerintah, pihak sekolah maupun para orang tua untuk menumbuhkan minat baca dewasa ini, tidak dipungkiri minat baca hampir banyak orang di Indonesia sangatlah rendah, tua maupun muda juga para siswanya. Termasuk si bungsu jagoan kecilku yang lebih senang berolah raga dari pada duduk membaca.

Biasanya sekolah merangsang dgn mengadakan pojok-pojok bacaan untuk para siswanya. Walaupun hal tersebut tidak efektif 100% jika tidak dikemas dalam program-program yang menarik para siswa disekolah. Sehingga akhirnya tidak termanfaatkan dengan baik oleh mereka.

Terkadang siswa hanya sekedar masuk perpustakaan, melihat buku sebentar, sambil mengisi waktu luang bermain dengan temannya atau menunggu di jemput oleh orangtuanya. Setelah itu buku di kembalikan lagi tanpa ada output penyelesaian dari bacaan buku tersebut.

Alhamdulillah saya berkesempatan utk melihat langsung dgn berkeliling mengunjungin pojok bacaan tiap kelas serta memberikan masukan dlm acara lomba pojok baca literasi di SDN Bekasi Jaya 1. Pojok bacaan dihias dengan sangat bagus-bagus dan kreatif. Ada juga yang menyediakan alat-alat permainan kreasi sendiri sampai permainan jaman dahulu.

Pojok bacaan ini kolaborasi antara orang tua dan wali kelasnya masing-masing. Yang menarik adalah Ketua POMG nya seorang bapak yang peduli pada pendidikan anak-anak di sekolah tersebut. Pojok-pojok bacaan tersebut mereka beri nama pojok literasi. Semoga ini dapat menimbulkan minat baca untuk siswa-siswi di tiap kelas yang ada.

Saya juga lagi ngebayangin kalau di Kota Bekasi ada perpustakaan besar yang didalamnya banyak koleksi buku dan permainan yang penuh edukasi buat anak-anak kayak di negara-negara maju keren kali ya🤔. Ah yang penting dijaga baik-baik ya, pojok bacaan literasi di setiap kelasnya, jangan karena hanya ada perlombaannya saja, lantas setelah perlombaan usai langsung deh dibiarkan begitu saja 😁 ..

eits jangan lupa buku-buku yang ada di pojok bacaan literasinya di baca, jangan hanya di jadikan tempat untuk berfoto ria ya dan liat saya ikut menikmati berfoto bersama orang tua dan anak-anak dengan ceria 😘😍😁😄… Salam literasi buat semua jangan lupa bahagia ya 😍😘

2 KOMENTAR

    • Makasih sayang, sukses terus ya utk sekolah dan prestasi-prestasi yang lainnya. videonya sdh ibu tonton dan keren. kembangkan hoby menjadi sesuatu yang akhirnya mampu akan mengukir prestasi… semangat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here