Beranda Coretan Wiwiek Hargono Ikhlas atas Segala KehendakNya

Ikhlas atas Segala KehendakNya

211

Ada yang bilang ikhlas adalah rela atau menerima. Tapi sebenarnya, tolak ukur seperti apakah agar suatu rasa dapat dikategorikan sebagai ikhlas?

ikhlas dapat bermakna senang hati dan legowo dari apa yang dihadapi tanpa adanya komentar, penyesalan, dendam, ataupun sakit hati terhadap apa yang diterima.

Kata ikhlas menjadi kata yang paling sering di ucapkan namun sulit untuk dilakukan.

Seperti pada keadaan sekarang ini, dunia sedang dihadapkan pada musibah penyebaran virus Covid-19 atau yang bisa disebut sebagai virus Corona.

Penyebaran virus ini berawal dari daerah Wuhan, China yang kemudian merebak ke seluruh penjuru Dunia termasuk Indonesia.

Kita hanya harus bisa menerima keadaan yang seperti saat ini, dimana saat ini banyak warga Indonesia yang sudah di diagnosa sebagai ODP(Orang Dalam Pengawasan) maupun PDP (Pasien Dalam Pengawasan) bahkan sampai ada yang sudah menjadi penderita positif Virus Corona ini.

Kita sebagai masyarakat harus saling menjaga dan saling mengingatkan akan pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta keluarga.

Segala macam saran dan anjuran yang diberikan baik dari pemerintah maupun dari team medis haruslah kita pertimbangkan dan lakukan seperti tidak saling berjabat tangan, saling menjaga jarak dan tetap mengkarantina diri dirumah agar penyebaran virus ini tidak semakin meluas.

Langkah-langkah keikhlasan dalam menghadapi musibah penyebaran virus corona atau covid 19 ini menurut saya adalah sebagai berikut :

1. Ikhlas bahwa musibah ini datangnya dari Allah SWT dan mengintropeksi diri serta berdoa agar ujian ini segera berakhir.

2. Ikhlas untuk meninggalkan aktifitas rutin atau aktifitas yang kita senangi selama ini di luar rumah dengan mengganti aktifitas hanya di dalam rumah saja.

3. Ikhlas untuk meninggalkan kebiasaan buruk yang mempermudah virus masuk ke dalam diri dan lingkungan sekitar kita.

4. Ikhlas dengan menuruti upaya-upaya pemerintah dan anjuran tim medis dalam penghentikan penyebaran virus corona.

5. Ikhlas berkurangnya pendapatan karena lebih banyak berdiam diri di rumah demi kebaikan orang banyak.

6. Ikhlas dengan terus mensuport tenaga-tenaga medis maupun non medis untuk berupaya mengobati dan memperkecil banyaknya orang yang terpapar virus tersebut.

7. Ikhlas untuk lebih khusyuk beribadah dan berdoa kepada Allah SWT semoga musibah dan bencana ini segera berakhir.

Dalam menghadapi musibah seperti ini perlu disadari, Kewajiban kita hanya memaksimalkan ikhtiar dan senantiasa melakukan yang terbaik, selanjutnya sandarkan segala harapan dalam bentuk keikhlasan kepada-Nya.

“Tiada satu bencana pun yang menimpa di Bumi dan pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam Kitab(Lauhul Mahfudz) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” ( QS Al Hadid (57) : 22 )

Semakin berusaha kita untuk mengikhlaskan, semakin akan membuat tenang perasaan. Semakin yakin Allah berikan yang terbaik dimasa depan. Dalam ikhlas akan banyak mendapatkan pahala dan lebih kencang dalam bertawakal kepada Nya.
Dalam ikhlas kita belajar memasrahkan kehendak bukan memaksakan kehendakNya.

Semoga aku, kamu dan kita semua mampu mengaplikasikan kata ikhlas dengan sebaik-baiknya. Aamiin yra….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here