Beranda Coretan Wiwiek Hargono Waktu yang berharga dan terbaik

Waktu yang berharga dan terbaik

296

Quality time adalah Istilah anak jaman sekarang yang sering kita dengar yang berarti waktu bermakna yang kita habiskan dengan orang-orang yang menurut kita berharga didalam kehidupan. Lebih utama untuk bisa kita habiskan bersama seluruh anggota keluarga yaitu suami, istri, anak ataupun keluarga besar.

Sejatinya, dalam kehidupan manusia memang tidak ada waktu yang tidak berkualitas karena waktu merupakan sesuatu yang berharga untuk dimanfaatkan dalam kehidupan manusia. Namun, kenyataannya, waktu sering kali dibiarkan berlalu tanpa makna, sehingga waktu hanya menjadi tanda bertambahnya usia dan bergantinya hari tanpa arti yang berarti untuk kita sadari.

Allah SWT telah memperingatkan bahwa orang yang menyia-nyiakan waktu adalah orang yang merugi, dan beruntunglah bagi orang-orang yang beramal shalih dan saling mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran. (QS. Al-Ashr)

Kegiatan dalam mengoptimalkan quality time yang bisa kita lakukan bersama orang-orang terdekat atau terkasih kita, bisa seperti misalnya makan malem bersama, nonton bersama, olahraga bersama, berlibur bersama, masak ataupun duduk-duduk ngeteh di sore atau pagi hari sambil bercerita banyak hal tentang kehidupan kita sehari-hari bersama seluruh anggota keluarga.

Walaupun terlihat simple tapi prakteknya susah sekali untuk menyisihkan sedikit saja waktu di tengah kesibukan kita sehari-hari untuk sebagian orang. Kadang kala rasanya mudah buat kita mengorbankan quality time dengan keluarga untuk melakukan hal-hal lain. Mungkin kita berpikir karena bekerja lebih penting atau mendesak, sedangkan quality time bisa dilakukan kapan saja.

Eits, tunggu dulu, mungkin ada baiknya kita berpikir kembali. Quality time dengan keluarga bukanlah hal yang biasa aja atau tidak lebih penting dari kesibukan kita. Melainkan harus sering kita lakukan bersama. Pentingnya kita melakukan quality time dari beberapa sumber yang saya dapat adalah :

1. Pekerjaan itu penting tetapi keluarga itu lebih penting.
2. Keluargamu adalah mereka yang akan selalu ada disampingmu, tidak peduli bagaimana keadaanmu.
3. Bisa menjadi lebih positif dan bahagia jika sering melewati waktu bersama keluarga.
4. Pekerjaan dan masalah adalah hal sementara sedangkan keluarga adalah selamanya.

Sedangkan manfaat quality time sebagai berikut :

1. Mendekatkan anggota keluarga.
2. Membuat hangat dan harmonis keluarga.
3. Meningkatkan semangat hidup.
4. Menjaga ikatan keluarga menjadi lebih solid.
5. Kasih dan sayang akan semakin kuat.
6. Mengurangi resiko prilaku yang salah pada anak.

Yang terpenting lagi dan yang lebih utama bagi diri sendiri adalah me-refreshkan otak setelah jenuh bekerja selama seharian. Sekarang sudah paham kan betapa pentingnya quality time yang kita habiskan untuk kita dan orang-orang tersayang, semoga itupun akan mampu mengurangi timbulnya penyakit maupun stress buat diri kita sendiri.

Moment sosial distancing ini bisa kita gunakan untuk mengoptimalkan quality time kita bersama keluarga tentunya. Karena dibalik musibah akan terdapat banyak hikmah didalamnya.

Jadikanlah keluargamu dan orang-orang tersayang sebuah prioritas dan bukan pilihan terakhir. Karena dari mereka kamu bisa memiliki banyak inspirasi dan menjadi tempat pelindungmu jika dunia sedang tidak berpihak kepadamu.

Ingat, Quality time gak perlu mahal, cukup dengan kebersamaan seperti minum teh hangat sambil bersenda gurau. Karena yang mampu menciptakan surga dunia didalam rumah kita adalah kita sendiri, bersama anggota keluarga kita yang lainnya. Cobain deh rasanya dan tulis ya di komentar. Rasa versi kamu seperti apa. Sama tidak dengan rasa versi saya bahwa dunia juga jadi terasa indah.🤭😍🥰

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here