Beranda Inpirasi & Kisah Lestarikan Lingkungan Hijau

Lestarikan Lingkungan Hijau

122

Dalam upaya menjaga ketahanan pangan di daerah perkotaan, salah satu cara yang dapat dilakukan bagi masyarakat untuk bercocok tanam yang paling mudah, murah dan sehat adalah Hidroponik.

Hidroponik juga dapat dilakukan di lahan yang terbatas disekitaran pelataran rumah. Apabila panen tiba untuk skala kecil bisa untuk konsumsi keluarga sendiri maupun bagi-bagi dilingkungan sekitar rumah dengan kualitas sayuran yang lebih baik tentunya.

Kegiatan hari ini saya mendampingi Mas Tri dalam Pelatihan budidaya hidroponik pembuatan pestisida nabati dan Ab Mix di balai penyuluhan pertanian Bantar Gebang Kota Bekasi.

Peserta pelatihan banyak yang sudah melakukan penanaman hidroponik dalam waktu yang sudah cukup lama dan ada pula yang baru mau memulai penanaman tanaman hidroponik ini. Dengan tujuan untuk terus meningkatan kapasitas sebagai petani hidroponik terkait produksi, pengaturan pola tanam serta optimalisasi penggunaan pupuk.

Kemudian dilanjutkan dengan Mengunjungi Saung Edukasi dimana terdapat fasilitas hidroponik, berbagai macam budidaya dan daur ulang sampah yang ada di wilayah RW.09 Kel. Jatisari, Kec. Jatiasih.

Disini dilakukan berbagai macam budi daya seperti budidaya lele, ikan koi, bebek, ayam dan lainnya. Hasil panen hidroponik di saung ini langsung di manfaatkan oleh warga dilingkungan sekitar.

Daur ulang sampah yang dilakukan juga berasal dari sampah rumah tangga masyarakat sekitar yang kemudian diolah menjadi alas untuk menanam tanaman dengan alat yang mereka ciptakan sendiri.


Semoga masyarakat Kota Bekasi bisa terus kreatif dan inovatif serta dapat memanfaatkan peluang yang ada demi menjaga lingkungan dan bisa menghasilkan sesuatu untuk tambahan kebutuhan rumah tangga.

Tetap semangat dan Jangan Lupa Bahagia 🥰

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here